JapanLunatic - Takoyaki vs Okonomiyaki
水曜日, 07-12-2016, 5:37:15 PM
Welcome, Guest
Apa kalian sering datang ke acara Japan festival alias J-FEST yg nama lainnya Matsuri or Bunkasai?
Suka hunting jajanan Jepang?
Nah edisi PRO&KONTRA kali ini akan membahas cemilan Jepang yang paling populer di acara2 Jfest Nusantara yaitu TAKOYAKI dan OKONOMIYAKI.
 
Bagi kalian pecinta kuliner Jepang, pasti tau dong yang namanya Okonomiyaki alias martabak Jepang dan Takoyaki alias sate bulat isi gurita.
Kalau di Indonesia, pastinya juga sudah dimodifikasi baik bahan maupun bumbu2 yang digunakan, supaya terjamin kehalalannya.
 
Berikut ini penjelasan dari tante Wiki:
 
OKONOMIYAKI
-----------------------
Okonomiyaki adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.
Menurut cerita yang tidak jelas asal-usulnya, okonomiyaki diciptakan pelaut angkatan laut Jepang yang mengaduk-aduk tepung terigu di kota Kure, Prefektur Hiroshima karena ingin makan pizza seperti yang pernah dimakannya di Italia. Pelaut yang menciptakan okonomiyaki pulang ke tempat asalnya di Osaka untuk memperkenalkan okonomiyaki di daerah Kansai.
Berdasarkan cara pembuatan dan bahan yang digunakan, okonomiyaki dibagi menjadi dua jenis yaitu ALA KANSAI yang irisan kolnya dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat puyonghai dan ALA HIROSHIMA yang irisan kolnya hanya diletakkan di atas adonan yang dilebarkan di atas penggorengan seperti sewaktu membuat panekuk.
 
Mau coba membuat Okonomiyaki? Coba click link ini : http://1nd1r4.wordpress.com/2008/10/07/bereksperimen-dengan-okonomiyaki/
http://yayuta.multiply.com/journal/item/64
=======================
TAKOYAKI
-----------------
Takoyaki  adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.
Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.
 
Bagi yang mau jajal bikin Takoyaki, silahkan click link berikut:
====================
Ok, sekarang coba kita simak gimana komentar para Jlun Buddy tentang kedua makanan ini (mohon maaf tidak semua komentar bisa ditampilkan karena berbagai alasan):
=>
Scril Arli Koeruga Kouga:
Sy lbh suka dg TAKOYAKI, disamping bentuknya yg gampang dimakan, harganya jg lumayan murah,,yg plg enak wkt mkn takoyaki it yg msh panas n langsung skali caplokan, rasanya it wah ga kebayang dah pokoknya sy langsung suka pas maakn takoyaki pertama kali, n slalu pgn bli lg >.<
Memang sih OKONOMIYAKI ukurannya lebih besar, tapi harganya juga jadi lebih mahal.
Satu lg klo mnurut sy sih kyaknya lbh bnyk toko yg jual takoyaki dr pd okonomiyaki diluar dr acr Jfest.
Pokoknya 99 jmpol dah bwt takoyaki.
--------------------
Fujiwara Misa:
Aq lebih suka takoyaki!
soalnya rasa tako-nya tuh bener" kerasa..
Terus harganya jg lebih murah dibanding okonomiyaki, tp porsinya emang lebih ngenyangin okonomiyaki ^_^
--------------------
Amirah Puspadewi:
Saya lebih memilih takoyaki karena dari segi bentuk yang imut-imut (~' '~), juga dicampur dengan sedikit sayuran, tidak seperti okonomiyaki yang dicampur beberapa jenis sayur-mayur. Takoyaki dibuat dari adonan dan bahan utamanya dicampur dengan gurita. Bahan inilah yang membuat saya menyukai takoyaki. Mengapa saya memilih takoyaki? Karena sebenarnya, saya belum pernah mencoba okonomiyaki.  ^^v
--------------------
Wulan Lan:
Aku pernah coba dua-duanya.
soal harga relatif mahalan okonomiyaki. meski kalo dilihat dari bahan yg digunakan hampir sama banyaknya. untuk lidah Indonesia memang lebih cocok sama yg okonomiyaki (dalam tanda kutip "okonomiyaki versi Indonesia").Untuk saya pribadi, lebih suka takoyaki. Secara, 2 makanan itu menurutku hanya sebagai makanan camilan aja, bukan pokok. Takoyaki lebih gampang makannya, dan hanya perlu 2 gigitan, langsung abis deh.
tapi kalo bentuk okonomiyaki yg sekali gigit (seperti okonomiyaki-sushi yg pernah ada di TV champion, lain lagi ceritanya) ^___^
--------------------
Rizky Amallia Eshi:
Kalo saya lebih suka takoyaki, karena cara bikinnya unik, terus dari rasanya juga lebih enak dibandingkn okonomiyaki (ini sih, sebenernya tergantung siapa yg bikin plus lidahnya).. buat harga juga lebih murah takoyaki...
kalo okonomiyaki itu lebih mirip bala-bala atau bakwan indonesia, cuma ukurannya lebih besar aja... kalo buat bala-bala ato bakwan sih, jelas lebih enak buatan indonesia dong....
--------------------
Cucu Susilawati II:
Enak dua-duanya, tp lebih suka takoyaki karena
isinya macem-macem & bervariasi,,sesuai selera saya...
--------------------
Luqman Sungkar:
Enakan okonomiyaki kali yah, soalnya terasa lebih matang & rasa nya lebih cocok dengan lidah orang indonesia. Kalo takoyaki kan dalamnya masih rada kenyal & gimanaa gitu, jadi waktu makan pertama kali kesannya kayak belom mateng =.=" Tapi lebih murah takoyaki sih =__="
--------------------
Heydi Marizky Lisman:
Takoyaki yg enak tenan... Selain hrganya lebih murah, masalah rasa pun tak ada tandingannya  >,<
--------------------
Larkspur Hime:
Watashi wa Takoyaki ga suki desu.
Totemo oishii demo takai :(
The aroma of Takoyaki always makes me hungry.
Takoyaki is the best.... ;)
Takoyaki rasanya enak, tapi kalo masalah harga... hemmm kurang murah :)
--------------------
Feliyanti 'fu' Dian:
Mmm, dua-duanya enaaaaaaaaaak  b^ ^d
tp,  karena aku suka telor, kayaknya lebih milih okonomiyaki deh, apalagi klo telornya berlimpah n gratis pula, haha
--------------------
Togabito Ryuukossei:
Lebih suka Takoyaki karena saya kurang suka sayuran, harga lebih terjangkau, isi & rasa lebih bervariasi, bentuknya lebih praktis dimakan bulat-bulat sekali happ!!, XD
--------------------
Miku Tomato:
Okonomi donk... lebih oishii.. cuma itu alasannya :D‌
--------------------
Mihimaru Nyan Koi:
takoyaki... biasanya harganya lebih murah,. hehe.. tapi memang lebih suka takoyaki sih.
--------------------
Ddb Cunz 翔太郎:
Takoyaki, karena dari segi bentuk lebih bagus dan yang bikin unik biasanya isinya kaki gurita, jadi tekstur lembut tepung beras & susu plus tekstur kasar kaki gurita = Sugoi! :D
--------------------
MДЯLIИDД ДI:
Sekali nyoba takoyaki...
sepertinya lidah dah P.W sama itu...jd gak bgitu pingin nyoba yang lain..
--------------------
Risza Dwi Anggraeni
Dua-duanya enak
tapi pilih takoyaki aja karena isinya macem2 n bentuknya jg bagus :)
--------------------
Ramadhan 成功竜基 ArcVamps:
Okonomiyaki donk!!! Slain porsi yg lebih gede, enak bgt loh bwt dmakan ama nasi... hmmmm oishiiii!!!!!
Truz saya suka okonomiyaki krna ada telurnya (saya suka teluuur!) heheh ^^v
Apalagi skarang dh brvariasi isinya mcm2 mulai dr irisan dging sapi, kerang, udang yg bikin maknyus pkoke!!
Klo Takoyaki ya cmn bulet bola-bola di isi gurita doank, emank sih brvarisi rasanya tp cuma bwt nyemil.
Pokoknya j-food enak deh!!! b^^d
--------------------
Reyhan Alvan Aldryan:
Menurut sy takoyaki lebih oishi, tp krna ukurannya kecil jadi rada kurang puas! ^^
coba takoyaki segede okonomiyaki!;D
--------------------
Ryo Satria Subiyakto:
takoyaki lebih enak, murah, simple n fun ^_^ I ♥ takoyaki!
--------------------
Lely Cain:
Sebenernya dua-duanya enak, tp klo di suruh milih sih... takoyaki is the best! klo masalah harga relatif x ya...
--------------------
Annisa Nur Fitriyanti:
Hmm, pertama nyoba takoyaki, 2 tahun lalu enak bgt, suka rasa daging tako-nya (dari sekian banyak seafood yang saya benci, cuma gurita di tako ini yang bisa saya toleransi rasanya). tapi kalo disuruh milih, saya sulit memutuskan. tapi kalo dikaitkan dengan harga, jelas prefer tako karena relatif lebih murah XD
--------------------
Qisthi Al-Hazmi:
Klo di suruh pilih mana yg enak.. kyknya dua-duannya enak deh..
tapi kenapa yh kebanyakan takoyaki di indonesia itu pake cumi? ~.~, saya sedikit alergi sm cumi.. tapi pas JFest di bandung(klo gak salah), saya merasakan khas gurita di dalamnya :D... klo untuk okonomiyaki.. hmm.. adakah yg rela membelikan saya itu :D
Untuk vote saya memilih takoyaki, selain oishIi, relatif murah juga harganya ^^
--------------------
Aditha Vaniadevi:
Takoyakiiiiii:) soalnya okonomiyaki bentuknya ga bagus2 bgt, klo takoyaki kan ada kaya salju2nya itu *apa tuu namanya saya lupa :P*. trus okonomi isinya kebanyakan sayur, kalopun ada isinya si gurita, cuma dikit. berasa makan sayur oseng2 aja klo makan okonomiyaki :D
--------------------
Tiara Suci Setyandari
takoyakiiiii!!!! Harga relatif murah tp tetap nampol! N saya suka daging tako-nya :)
--------------------
Alvin Lavin:
Lebih milih okonomiyaki, soalna porsi lebih gede n mirip bala-bala jg sh.. hehe XD
--------------------
Demikianlah sesi Pro&Kontra edisi kali ini. Buat yang punya usul untuk tema bulan depan, silahkan ditulis melalui halaman group Japanlunatic Community.
Untuk mengetahui tema2 yg sudah pernah dibahas, silahkan click www.japanlunatic.co.nr/.

Seperti biasa sebagai kalimat penutup andalan untuk mengingatkan Jlun Buddy bahwa:
"Mendukung sesuatu bukan berarti harus menjatuhkan yg lainnya..
Menyukai sesuatu bukan berarti harus membenci yg lainnya..
Fanantic terhadap sesuatu bukan berarti harus anti terhadap yg lainnya..”

Yuk sama-sama kita samakan persepsi untuk membuat satu komunitas yg tetap solid walaupun berbeda-beda kesukaan dan latar belakang.

Salam,
Head chief of Japanlunatic
Adeluna Chibi

Sumber: