JapanLunatic - Desy Indryati
土曜日, 03-12-2016, 1:44:20 PM
Welcome, Guest
Pengalaman Pribadiku di Jepang
Oleh: Desi Indryati
------------------------


1. Nama: Desi Indryati.
nick : ai_3cy / ai2_3cy / ai3cy_j.lun / e_1.

2. Contact person (hp/alamat email/alamat facebook): (+818041959533 / ecy-indry@softbank.ne.jp / ai_3cy@yahoo.com)

3. Tempat, tanggal lahir (boleh tidak mencantumkan tahun): Cilegon, 26 Desember, 19xx

4. Tempat tinggal (di Indonesia): Serang, Banten.

5. Tempat tinggal (di Jepang): Kasai, Tokyo.

6. Berada di Jepang pada (dari bulan/tahun-sampai bulan/tahun): 23 Juli 2008-23 januari 2009 dan 10 oktober 2009-skrg.

7. Alasan pergi ke Jepang: dikirim dari kampus bersama teman2 sekampus beda angkatan, menambah pengalaman hidup, hidup mandiri tanpa ortu (walopun sblmnya kuliah ngekos jg sih, tp kan beda), kerja sambil skolah.

8. Hal-hal unik/menyenangkan selama berada di Jepang: tentu aja kehidupan sehari2nya donk. contohnya:
- Buang sampah aja pake ribet hrs misah2, pucink ikh.
- Di tokyo walopun mobil murah, tp ga berguna, malah jd pajangan rmh, klo dipake cm tuk jln2 ke luar kota. sehari2x make sepeda/kendaraan umum terutama kereta. hbs praktis, ga macet n tepat wkt ci :)
- Beli minuman, roti/kue, rokok, stoking, dsb, bs dibeli di jidohanbaiki, so ga perlu ke mini market.
- Brg2 serba elektronik otomatis, contohnya aja toilet udah canggih, ada sensor gerak di toilet, keran air, tisu, t4 sampah. jd ga perlu pencet/apalg diputar. Tp msh ada jg sih yg cara tradisional. hehehe ;p

9. Hal-hal yang tidak menyenangkan selama berada di Jepang:
karna gw sbg umat muslim yg memakai jilbab, klo msm dingin sih ga keliatan bngt beda dgn yg laen, tp klo msm panas jd keliatan "aneh ky alien", apalg org Indonesia mirip bngt dgn org Filipin cewex udah di "cap jelek" oleh org Jpn. Jdx dl wkt msm panas, ai sering bngt ditangkap polisi. wkwkwk :D
Tp untungx gw kan legal, paspor/KTP Jpn slalu dibawa kemana2, biar kgk ditangkep polisi. hehehe ;p

10. Pengalaman paling berkesan selama berada di Jepang:
- Jln2 donk, tp cm sekitar Tokyo doank, kgk da wkt ea :(
- Pengalaman sering ditangkep polisi. wkwkwkwk :D
- Pengalaman SAKIT CACAR... malu2in aja. wkwkwkwk :D
Sbnrnya gw kerja di hotel, tau kan klo di htl itu byk bngt tipe org, apalg htl bisnis internasional, jd tamunya dr berbagai bangsa. Entah dr siapa, temen yg sesama Indo ketularan skt cacar. Dia kgk mau makan, jdnya dirawatlah ke Rmh Skt. Truz karena kasihan liat dia kesepian di RS, apalagi kamar inapnya terisolasi dr dunia luar, jd gw menjenguk ke RS, pdhl dilarang oleh dokter n suster karna gw BLM PERNAH skt cacar. Tp gw tetep ngotot, sampai masuk kamar aja hrs mengendap2 kgk keliatan dokter n suster. Dr luar kamar hingga masuk kmr, hrs mencuci tangan dgn cairan anti kumat di dkt pintu masuk. Didalam kamar, terdiri 2 ruangan. Ruangan pertama sbg persiapan untuk masuk ke ruangan ke 2, ruangan pertama n kedua disekat dgn kaca dan pintunya pun dr kaca. Persiapannya apa aja? yaitu hrs make baju plastik dr atas hingga bawah berwarna biru, cuci tangan lg di keran air plus make sabun anti kuman, lalu sarung tangan, dan terakhir make masker. cara pemakaian masker pun hrs diikat kencang supaya tidak ada udara kotor yg masuk ke hidung. Pokoknya bayangin aja deh klo dokter mau operasi, ky begitu jdnya.
Kembali ke cerita, stlh persiapan oke, br deh masuk ke ruangan ke 2 yg didlmnya ada tmnku yg lg sakit. Sewkt berada di ruangan ke 1, tmn dah liat gw menjenguk n melarang untuk masuk ke ruangan ke 2, tp dasar gw bandel, tetep aja masuk. Eh tau2 seminggu stlh menjenguk, tmn sdh keluar RS, gw yg malah ketularan. Wkwkwkwk :D
Entah ketularan wkt dia sblm ke RS/ wkt mnejenguk/ wkt dia stlh balik dr RS. Tau ketularan karna wkt mandi di ofuro(bathtub ala jpn) hr jumat sore, ada benjolan kecil di bawah ketiak. Lgsg deh merasa takut, wkt nanya ke tmn, dikira tmn cm jerawat karna tipe cacarnya beda. Tp gw tetep takut n mlm sabtu lgsg nyari dokter ke dokter praktek dkt rumah, menurut dokter itu gw malah kgk diterima n dihrskan mencari laboratorium tempat pemeriksaan darah, lgsg deh nyari2 lab yg msh buka karna sdh tutup. :(
hr sabtunya bersama guru skolah, gw pergi ke RS yg sm dgn t4 dimn tmn di rawat yaitu RS praktek para mahasiswa kedokteran di Shinjuku.
pendaftarannya aja ribet, hrs nelp dl minta ketemuan sm dokternya maklum penyakit yg jarang terjadi. hehehe :">
truz mendaftarkan diri di resepsionis, dpt kartu gesek dr RS, jd kartunya tinggal digesek ke alat kemudian alat itu mengeluarkan kertas yg isinya ke di ruangan n arah mana sang dokter berada. Rmh sktnya beda bngt dgn Indo, ky langit dan bumi deh. Ruangan tempat diperiksapun ternyata terisolasi dr pasien lain. Wkt ditawari menginap di RS, gw menolak mentah2, karna kesepian di RS dan tmn2 yg tinggal bareng di rmh semua sdh pernah merasakan skt cacar jd ga mungkin tertular lg. Akhirnya gw disuntik dan menerima resep obat dr dokter.
Bsk harinya yaitu hari minggu bertepatan dr hr Nihonggo Noryokushiken (ujian kemampuan bhs Jpn), bdn udah panas ky terbakar api, tp klo kena angin dikit lgsg merinding. Wkt itu pengennya di rmh aja, tp karna syg bngt udah mengeluarkan duit sekitar 5.500 yen, jdnya mau ga mau hrs ikut. Tp untungnya karna di Jpn lg msm dingin dan make masker ke luar rmh sdh menjd budaya klo lg skt flu, jdnya org2 ga menganggap aneh pakaian yg gw kenakan. semua serba tertutup, yg keliatan cm mata doank, karna skt cacarnya sdh menyebar ke wajah, bdn, kaki dan tangan.
Bnr2 pengalaman yg ga bakalan dilupain seumur idup. wkwkwwk :D

11. Info yang perlu diketahui bagi yang belum/ingin ke Jepang:
Bagi cewe yg berjilbab, klo ke Jpn ga perlu buka jilbab! karna saya pikir jilbab adalah keyakinan, kewajiban, identitas qta sbg muslim. Tp itu terserah kalian sih klo mo buka jg gpp ko, ga da yg melarang.
Biar ga dianggap aneh oleh org Jpn, qta menyesuaikan diri dgn lingkungan kan ga ada salahx, iy ga? yaitu dgn cara make topi, syal, dsb, sehingga sama dgn org2 laennya. Itung2 bergaya n ganti style yg baru. hehehe :">
Tp msh byk jg ko ai liat org indo yg make jilbab ky di Indo. Tp jd gampang dikenali sih. Klo tinggalnya bkn di tokyo, mungkin ga ditangkep polisi. atau klo pun tinggal di tokyo tp kgk ditangkep2, mungkin nasibx emang beruntung.
Klo legal sih ga mslh, tp klo ilegal? gawat tuh.
Soalx byk jg sih org indo yg ilegal di jpn, mereka kenshusei yg kontrakx sdh hbs tp kgk pulang2 ke indo / kabur karna ga tahan dgn pekerjaanx yg sgt berat n dimarah2i oleh atasan karna tidak mengerti apa yg org Jpn ucapkan. Jd hrs byk2 bljr bhs Jpn ea! :)

12. Info terbaru saat ini di Jepang:
apa y? kgk nonton brita slama liburan msm dingin sih. kira2 3 mingguan lah. hahaha :D
tp brita di Jpn ga berat n ga penting. Masa acara berita pagi diliput berita cerita anjing, ramalan bintang, t4 mknan yg enak2 n t4 yg aneh. Semua wilayah Jpn. Dikit bngt berita internasional, klo pun ada berita internasional, pasti ttg perang irak / yg berhubungan dgn Jpn. Diluar itu, jgn harap muncul di berita deh, kgk bakalan ada! Klo pengen tau berita internasional, hrs beli dulu chanel tv internasional/dr internet.
Berita terakhir yg tau, ada seorg cowo yg 3 thn lalu membunuh bule cewe yg tinggal di jpn, cowo itu aneh bin ajaib jd buronan slama 3 thn tanpa tertangkap, pdhl Jpn kan byk bngt kamera dimn2, apalg Tokyo. Udah deh serasa ky jd artis dikejar paparazi aja deh. (lebay mode on. wkwkwk :D)
Tp emang sih wajah sang pembunuh berubah2 karna dioperasi dan menyamar dgn beribu wajah, jd susah ditangkap.
Acara pembunuhan 3 thn itu disiarkan lg diberita karna ada lg kejadian cewe Jpn terbunuh stlh pulang kerja kira2 jam 9-10 mlm. saya sih ga tau apa pelakux sama/beda org (karna kgk nonton berita lg). Pokokx berita pembunuhan 3 thn lalu n yg br2 ini terjadi, jd berita heboh, ampe bosen liat brita. Akhirx pembunuh 3 thn lalu tertangkap karna siaran berita pagi ada curhat sang ibu pembunuh 3 thn lalu via telepon, menghimbau agar anakx pulang n menyerahkan diri ke polisi. Nah, tepat hr itu jg pd malam hari, sang anak (pembunuh 3 thn lalu) TERTANGKAP di Osaka. Lgsg deh dikirim ke Tokyo, jdnya setiap stasiun byk polisi menyebar dimn2, untuk mengamankan. Pdhl turunnya di 1 stasiun, tp polisi bertebaran di smua stasiun Tokyo. Lebay bngt kan :D
Coba aja acara berita pagi 3 thn lalu menyiarkan curhat sang ibu pembunuh, pasti anakx cepet tertangkap tuh. kgk perlu samar menyamar segala, buang2 wkt n duit. Pdhl cm 1 pembunuhan doank, tp repotx minta ampun. Klo di Indo, ada pembunuh yg byk membunuh org tp biasa aja tuh, kgk heboh ampe segitunya.

Catatan : maaf bhsnya ga baku, karena ini curhat y, beginilah bhs curhat gw. hahaha :D
jg sering kali huruf X diakhir kata, menunjukkan NYA. Singkatan gitu lho, malez ngetik.
Apabila ada slh ketikan n ga mengerti apa yg dimaksud, tolong dikonfirmasi!
sekian dan terima kasih ^ ^