JapanLunatic - Anak laki-laki dalam anime (J-SLANK)
土曜日, 10-12-2016, 9:43:15 PM
Welcome, Guest
Berikut ini adalah 20 gramatika yang biasa digunakan oleh Anak laki-laki dalam anime (J-SLANK)

Note: yang didalam kurung berarti bentuk biasa (sopan-nya)

1. ~n’da (~n’desu) = Digunakan untuk menekankan suatu hal secara emosional.
Contoh: Boku wa mou kodomo ja nai’n da. (Watashi wa kodomo ja nai’n desu.) = Aq bukan anak kecil lagi!!

2. ~da yo (desu yo) = Digunakan untuk menekankan informasi kepada si lawan bicara yang tdk tahu, atau untuk menunjukkan penilaian akan suatu hal.
Contoh: Boku, heiki da yo. (Watashi wa heiki desu yo). = Aq nggak terganggu kok (aq nggak apa-apa kok)

3. ~da yo ne (desu yo ne) = Digunakan jika pembicara ingin memperhalus penegasan dan lawan bicara pun sudah mengetahui subjek yang dibicarakan.
Contoh: Uchuu-jin datte onaji da yo ne. (Uchuu-jin demo onaji desu yo ne.) = Bahkan alien pun sama kan..

4. ~desho (desu yo ne) = Digunakan untuk mengkonfirmasi sesuatu. Si pembicara dalam hal ini mengharapkan bahwa lawan bicara juga berpendapat yang sama dengannya.
Contoh: Sugoi desho. (Sugoi desu yo ne.) = Hebat kan!

5. ~sa (yo) = Digunakan dalam percakapan yg sgt tidak formal, oleh lelaki sebagai penegasan.
Contoh: Boku datte wakatteta sa! (Watashi demo wakatte imasu yo!) = Kayak gtu sih aku pun tahu!

6. ~zo (yo) = Partikel akhir yang digunakan oleh pembicara pria utk menunjukkan emosi atau hasrat atas sesuatu.
Contoh: Zurui zo! (Zurui desu yo.) Dasar licik!

7. ~ya/yai (desu yo) = Digunakan utk menegaskan pendapat si pembicara.
Contoh:
-Sugoi ya! (Sugoi desu yo)! Hebat deh!
-Sonna’n ja nai yai. (Sonna koto dewa arimasen yo.) Ah, nggak gitu kok!

8. ~mon na/~mon ne (~kara ne) = karena, akan, seharusnya.
Contoh: Yuuki dashite tobi-ori chau mon ne. (Yuuki dashite tobi-ori kara ne.)= Kau tau? Aku akan mengerahkan keberanianku untuk terjun ke bawah.

9. ~mon ka (~mono desu ka) = merupakan penyataan retorikal ketika menunjukkan bentuk penolakan.
Contoh: Naku mon ka! (Naku mono desu ka.) = Aku tak akan menangis!

10. ~jya nai ka? (jya nai desu ka) = merupakan pertanyaan retorikal ketika membantah/tidak setuju atas pernyataan seseorang.
Contoh: Kakko warui ja nai ka? (Kakkou warui ja nai desu ka?) = Bukankah itu terlihat jelek?

11. ~te yo/~nai de yo (~te kudasai/~nai de kudasai) = Biasa digunakan untuk menyuruh/melarang sesuatu.
Contoh:
- Saki itte-te yo. (Saki itte kudasai.) = Silahkan pergi duluan.
- Hitori ni shinaide yo. (Hitori ni shinaide kudasai.) = Jangan tinggalkan aku sendirian.

12. ~chau yo/~chaou (~te shimaimasu/~te shimaimasho) = Biasa digunakan untuk menunjukan ketuntasan akan suatu hal/pekerjaan. Bisa juga untuk sesuatu yang tidak menyenangkan.
Contoh: - Tondecchau yo. (Tondete shimaimasu.) = Aku akan terbang.
- Saki ni icchaou. (Saki ni itte shimaimashou.) = Ayo pergi duluan.
- Komacchau yo. (Komatte shimaimasu.) = Wah bakal repot nih.

13. ~kana (~deshou ka) = Digunakan sebagai ungkapan keragu-raguan, untuk memprediksi sesuatu (mendumel/bertanya-tanya kepada diri sendiri).
Contoh: - kakurete-ru tsumori kana~. (kakurete iru tsumori deshou ka.) =

14. ~no (~n’desu ka) = biasa digunakan sbg kalimat tanya.
Contoh: Doushite yattsukete kurenai no? (Doushite taoshite kurenai’n desu ka?) = Kenapa kau tidak menghabisinya (mengalahkan seseorang, memberi ampun).

15. ~ne, ~ne (~desu ne) = digunakan sebagai jeda atau bentuk keraguan dalam mengungkapkan sesuatu.
Contoh: Ano ne, boku ne. (Ano, watashi wa desu ne)= Anu loh, saya..

16. ~na (~ne) = Biasanya digunakan oleh laki2 sebagai bentuk kata seru.
Contoh: Uwaa tanoshimi da naa. (Aa tanoshimi desu ne.) = Wah menyenangkan yah!

17. ~shiyou (~mashou) = Digunakan untuk mengajak seseorang
Contoh: Iko-ikou! (Ikimashou) = Ayo pergi!

18. ~te miru (~te mimashou) = mencoba
Contoh: Yatte miyou! (Yatte mimashou). Ayo kita coba lakukan!

19. ~shi na yo! (~tara dou desu ka?) = Digunakan untuk memberi saran kepada seseorang.
Contoh: Nomina yo! (Nondara sou desu ka?) = Cobalah minum ini.

20. ~kai (~masuka) = digunakan untuk pertanyaan yang jawabanya YA atau TIDAK.
Contoh: Shitteru kai? (Shitte imasu ka?) = Apakah kau tau?