JapanLunatic - Abduhafidh Ramadhan
金曜日, 24-10-2014, 3:00:50 PM
Welcome, Guest
PENGALAMANKU DI JEPANG
Oleh : Abduhafidh Ramadhan
-------------------------------------


1. Nama/nick:abdu/duhenk

2. Contact person (hp/alamat email/alamat facebook):090-3429-9834/duhenk_rifan@yahoo.com(email&Fb)

3. Tempat, tanggal lahir (boleh tidak mencantumkan tahun):Cimahi,02.07.1983

4. Tempat tinggal (di Indonesia):komplek riung bandung permai

5. Tempat tinggal (di Jepang):559-0023 osaka-shi suminoe-ku izumi 1-3-16 ocean haitsu 306

6. Berada di Jepang pada (dari bulan/tahun-sampai bulan/tahun):februari 2008 - februari 2011

7. Alasan pergi ke Jepang:kenshuusei&memperdalam bahasa jepang yg telah saya enyam d unpad DIII B.jepang

8. Hal-hal unik/menyenangkan selama berada di Jepang:meskipun usia teman kerja saya sdh 62 thn(ojisan) tp masih tetep ganbatte,sumiyasui,koutsuu ga benri,pengen apa" bisa kebeli,bnyk sekali tmpt untk bljr b.jpang gratis senseitachi nya jg yasashikute,shinsetsu

9. Hal-hal yang tidak menyenangkan selama berada di Jepang:org jpang slalu memandang rendah/meremehkan(bagi yg tidak mengenal indonesia&yg bersangkutan tidak kokusaika),diskriminasi,ijimeru,zurui,kechi,,,tp ini tdk semua org jpang yah inget itu!!!jgn kayak org jpang,misalnya org indonesia rmh nya dr kayu,pasti mereka menganggapnya semuanya rmh d indonesia tuh dr kayu,,,

10. Pengalaman paling berkesan selama berada di Jepang:kumpul bareng dngn temen" seangkatan sambil barbqu,fujiyama ni noboru koto,snow board,naik ambulance jepang,

11. Info yang perlu diketahui bagi yang belum/ingin ke Jepang:jika ingin pergi ke jepang lewat program magang alangkah lebih baik kuasai dulu bahasa minimal level3/N4,ikut program magang yg diselenggarakan oleh pemerintah(IMM) karena kemungkinan melanggar aturannya kecil,mental harus kuat. Menurut pendapat saya lebih baik ikut program sekolah saja(memang mahal sih),karena kita akan tau cara" mengurus administrasi contohnya,gaikokujin torokusho,hoken,sewa apato,bikin account d yubin atau di bank,pokoknya apa" sendiri,,,klo saya semua di urusin oleh ukeirekikan,kecuali keiyaku hp&internet,hrs siap jauh dr kluarga(misalnya kta tau ada anggota kluarga(ayah,ibu,kakak,adik) kita yg skt/kna musibah karena kita ga bisa menemani/menjenguk,pandai memanage uang,jgn ngeroko,bisa masak(minimal u/ sndiri),klo bisa kuasai salah satu budaya/adat/kesenian daerah sendiri,karena mau tdk mau kita adalah wakil dr Indonesia

12. Info terbaru saat ini di Jepang:perekonomian jepang masih lesu,,,endaka,efeknya org jpang yg di pecat bnyk,lapangan arubaito jg sedikit,efek bagi org asing pun sama(gakusei&kenshuusei)

13. Catatan lain:
Sebetulnya msh bnyk yg ingin diceritakan,tp gimana klo temen" aja yg nanya,krena sy tdk pandai merangkai kata.