JapanLunatic - JROCKS
土曜日, 03-12-2016, 1:43:49 PM
Welcome, Guest
Pengertian Plagiat
-------------------------
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, PLAGIARISME ialah penjiplakan yg mlanggar hak cipta, yaitu hak seseorang atas hasil penemuannya yg dilindungi oleh undang-undang.
Kata tante wiki, PLAGIAT adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pndapat, dsb dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.
Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.
 
Nah, kalau dalam soal musik, ada ketentuannya yaitu "MAKSIMAL 8 BAR” => sebenarnya saya kurang paham apa maksudnya..
Intinya kalau menjiplaknya tidak lebih dari 8 bar ya bukan plagiat.
Apalagi ada dalih bahwa tangga nada hanya 8 not, wajar jika terjadi kemiripan.
 
Yg digolongkan sebagai plagiarisme:
-  menggunakan tulisan orang lain secara mentah, tanpa memberikan tanda jelas (misalnya dengan menggunakan tanda kutip atau blok alinea yang berbeda) bahwa teks tersebut diambil persis dari tulisan lain
-  mengambil gagasan orang lain tanpa memberikan anotasi yang cukup tentang sumbernya
 
Dlm buku Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah, Felicia Utorodewo dkk. menggolongkan hal-hal berikut sbg tindakan plagiarisme:
- Mengakui tulisan org lain sbg tulisan sendiri
- Mengakui gagasan org lain sbg pemikiran sendiri
- Mengakui temuan org lain sbg kepunyaan sendiri
- Mengakui karya kelompok sbg kepunyaan atau hasil sendiri
- Menyajikan tulisan ya sama dlm kesempatan yg berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya
- Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
- Meringkas dan memparafrasekan dg menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dg sumbernya.
 
Adapun hal-hal yg tdk trgolong plagiarisme:
- Menggunakan informasi yg berupa fakta umum
- Menuliskan kembali (dg mengubah kalimat atau parafrase) opini orang lain dg memberikan sumber jelas.
- Mengutip secukupnya tulisan orang lain dg memberikan tanda batas jelas bagian kutipan dan menuliskan sumbernya.
================
Negatif-Positif
-------------------------
Sesuatu pasti ada sisi positif dan negatifnya..
Bgtu juga dlm hal plagiarisme.
Hal negatifnya antara lain:
- Merugikan banyak pihak. Baik bagi si pemilik asli (yg sudah susah payah berkreasi), buat para fans (yg sdh menganggap idola mrk hebat), maupun musisi itu sendiri yg sudah melakukan plagiat (bisa mendapat sangsi sosial bahkan hukum).
- Pd umumnya plagiat hanya dipakai utk kepentingan dirinya utk mendapatkan materi, ketenaran, jabatan, ataupun keuntungan pribadi lainnya.
- Nama lain plagiator adalah MALING, krn bisa jd ia mengambil hak yg bukan miliknya.
- Bs menyebabkan org jd senang mencontek dan malas berkreasi.
 
Hal positifnya antara lain:
- Plagiat bisa jd mrupakn sesuatu pembaharuan jika digunakan pd hal yg positif.
Misalnya saja, jgn jauh-jauh deh.. Utk sebuah postingan di Jlun, para admin selalu menyadur berbagai info, lalu hanya menambahkan sedikit opini, juga bumbu disana sini..
- Seorang Plagiator bisa mengangkat (membuat booming) suatu tema yg diplagiatnya (e.g.musik/tulisan, dsb).
Contohnya, jika ada 1 lagu yg tidak populer, lalu saat diplagiat malah tenar n akhirnya malah mempopulerkan pencipta aslinya.
- Plagiat bs saja membuat  sesuatu  justru menjadi lbh bagus atau kreatif dari aslinya.
Trkadang tnpa dipungkiri, ktika membandingkn dg lagu yang asli, hati kecil kita brkata bahwa lagu yg diplagiat memang enak didengar dan justru lbh bagus.
================
JROCKS Inspirasi atau Plagiarisme?
-------------------------
Semua orang pasti punya idola, tak terkecuali seorang musisi sekalipun  dan tak menutup kemungkinan bahwa ketika seorang musisi mengidolakan musisi lainnya, trjadilah pngaruh dlm musiknya.
Alhasil, trjadilah kemiripan bhkan plagiarisme.
 
Ketika JROCKS dianggap plagiat Laruku, bisa jadi itu benar. Krn tak ditampik bhw ketika mendengar beberapa lagu yg dibawakan mrk, maka kita akn teringat pd lagu2 LARUKU.
Pertanyaannya adalah, apakah ketentuan 8 bar td telah dilanggar? Lalu, apakah mereka mengakui?
Namun, tdk smua jg lagu mrk mirip dg LARUKU.. Ya, stidaknya lyric yg mrk buat beda, dan ditulis dlm bhs Indonesia ^_^.
Kmunculan JROCKS pun, slain kontroversial, mrk jg mampu mrebut hati para pcinta musik Indonesia, dan memiliki fans fanatic yg diberi nama JROCKSTAR.
Mereka juga bs dianggap mengangkat satu aliran musik baru di Indonesia (yaitu J-ROCK).
-------------------------
Sesi Pro Kontra kali ini akan membahas hal itu.
Apakah kalian termasuk yang Pro, atau malah Kontra dg kehadiran JROCKS?
Lalu, coba bandingkan dg banyaknya Band yg personilnya brdandan jg berpakaian mentok persis dg idolanya dan selalu membawakan lagu-lagu idola mereka itu (biasanya dalam JFEST)...
Mnurut kalian apa yg seperti itu lebih baik?
Bukankah itu malah justru mematikan kreasi?
 
Yuk, kita coba saja lihat bgmana komentar para Jlun Buddy mngenai hal ini.
-------------------------
1. Bayu Winter Fall:
Bg saya JROCKS adalah band yg Skil dan performancenya bagus, tapi apa gunanya .....
saya prnh memperdengarkan lagu LARUKU kpd teman saya yg blm tau ttg LARUKU. Dan benar dugaan saya, dia sangka itu JROCKS. Katanya musiknya sama dan begitu juga kemiripan cengkok suara vokalisnya.
Jelas JROCKS itu plagiat! Dr audio visualnya pun mirip banget. Apalagi saat Iman pakai gitar, mirip banget dg gaya Hyde.
Band indie tentu lbh baik, karena mereka kan tidak menjiplak, hanya membawakan (mengcover lagu2 Jepang) sedangkan JRocks mengcover sekaligus menjiplak.
-------------------------
2. Luni るに Ichiciel Takarai
Saat ini saya termasuk yg KONTRA thd JRocks sampe2 sy join group anti JRocks di FB ^^
Awalnya sh sy respect, wktu liat JRocks pertama x di sbuah ajang lomba band n menang pula. Krn dgn kemenangan JRocks kali aja dpt lebih memperkenalkan musik Jpn di Indo.
Tp stlh ngeliat aksi panggung n lagu2 mereka..astagaa kok Laruku bgt yah?
Emang sih mrk bilang terinfluence dr band2 Jpn slh 1 nya Laruku, tp ya jgn ampe Laruku bgt lah!
Mereka kan bukan band indie lg, bahkan udah rekaman di Abey kan..Punya jati diri sendiri lah.. Udah jd band yg dikenal masyarakat *ogah nyebut mereka band papan atas xixixixi*
1 lagi yg bikin sy suka sebel, klo saya nulis music fave "JRock" suka salah dikira ngefans sama JRocks.
Klo yg di jfest2 sih sy gak masalah, krn mereka memang membawakan lagu2 dr band tertentu n biar lebih mantab lagi berdandan sprti band yg mereka bawain itu, hmmm apa namanya covering yah?
tp klo udah jd band yg berlabel mayor(?) ky JRocks, yg udah membawakan lagu2 mereka sendiri yah klo bs mereka udah harus ninggalin kemiripan2 itu biar jd punya ciri khas sendiri^^
-------------------------
3. Anastasia 'nana' 入江七
Aku gag setuju kalo Iman C.S di bilang plagiat Hyde C.S (laruku) , pst semua ada bedanya kali . Buktinya lagu mrk byk yg suka .
Kn mrk pny lagu & aliran Jepang tsendiri . Mrk jg pny gaya & hal yg beda, bhkn mrk suka pake batik sbg ciri khas indonesia.
Dan mengenai band yg suka bawain lagu2 idola mereka plus berdandan mentok persis idolanya itu.. menurutku mereka lbh plagiat dong dr JROCKS yg hny ikutin alirannya LARUKU aja.
JROCKS lebih baik, mrk manggung slalu bawain lagu mrk & gaya mrk sendiri slnya (dg sdkt sentuhan Indo).
Kalo band2 qt gag ada yg dukung, siapa lg yg dukung?
-------------------------
4. Aihara Izumi
Mnurut saya pribadi, JROCKS memang mirip dengan Laruku, namun tidak 100%.
Ada beberapa aspek yang J-ROCKS tiru dan sbagian lg orisinil.
Boleh dibilang, saya cukup suka dg Band ini (^^)
Kalau band2 yg sering saya lihat di J-FEST, umm... mungkin itu termasuk identifikasi atau apalah namanya yg benar2 meniru idolanya karena suka. Bukan tujuan lain. namun, masih blm dibilang plagiat.
Namun, jika membandingkan antara keduanya, saya lbh pro JROCKS, karena seenggaknya J-ROCKS menciptakan beberapa lagu sendiri lah. Gak pure nyontek Laruku~ (^^;)
-------------------------
5. Zie ちゃん
Saya Pro sama JROCKS.
Ga ngefans sih, cuma seneng sama Iman-nya doang, soalnya maen gitarnya keren..
Dulu seneng dgrin lgunya,tp cuma yg 1st album, soalnya berasa bgt jepunnya,
Tp smakin kesini taste jepang J-rocks nya makin kurang, mungkin krn ga mau lg dibilang plagiatnya Laruku kali yaa..
Prihatin banget deh, masa org mo berkarya pake di "anti-anti" sgala..
Mencintai sesuatu bkn brarti hrs membenci yg lain^^
Lalu tentang band yg suka bawain lagu idola mereka.. hmm
nge'cover band lain sih boleh tp gak perlu meng-image-kan jati diri band jd spt band yg di bawain lagunya kan?
Lagian yg gituan cenderung bakal di banding2in sama yg aslinya, mulai dr style ampe cara ngebawain lagunya..
Klo pas perform lebih baik dr band yg di contek sih ga papa, klo lebih jelek gimana?
mungkin sebagian dari mereka ngerasa mereka itu lebih baik dari Jrocks,vtapi menurutku nggak..
Mendingan JRocks yg jelas2 lebih berani jadi diri sendiri.
-------------------------
6. Faros Ashdaq
Menurut aku sih ya gpp JROCKS niru LARUKU, krn mrk  sndri udah ngakuin klo LARUKU emang inspirasi mereka n mnrut pngalaman, sbgian tmen aku jd tau LARUKU jg gra2 JROCKS gt.
Point yg pnting JROCKS kn mw mengakui bhwa sbagian lagu mereka emang terinspirasi dr LARUKU.
Gag kaya band lain yg bilangnya tu lagu ciptaan mereka tp trnyata itu hasil plagiat.
-------------------------
7. Putri Ples リく
Jujur dari awal aq liat Jrocks emang udah  gak sesuai selera, apalagi pas tau klo ternyata mereka plagiat Laruku sampai gaya dandannya juga. Itu bikin aq makin ilfeel sama Jrocks bahkan  untuk liat aja males...
sedikit prihatin sebenernya sama org" di dunia musik yang mengakui itu lagu buatannya, tapi ternyata lagu jiplakan org lain. Kasian banget coz kesannya kok ga ada kreativitasnya...
lain halnya kalo emang mreka mengakui kalo mreka mengcover sebuah band lain dan terinspirasi dengan band itu..
n menurutku ga masalah klo di J-fest banyak band yg berdandan ala idolanya coz itu hak mereka untuk berdandan seperti itu..
-------------------------
8. Christi Friskila Adeley
Q gk setuju klo JROCKS di blg niru Laruku.
Jrocks khan punya musik n gaya sndiri, gak niru ma Laruku koq. Tntunya mreka yg suka bw lgu2 org n dandan  kyk band laen itu yg dsbut plagiat donkz
-------------------------
9. Doddy Donge
Kalo gw sh, slama msh band ber aliran Jrock ato Vkei gw pzt suka, slama mrk bukan beraliran pop homo melayu.
Jrock keren! Larc jg keren.
Trus knapa kalian buat anti menganti?
-------------------------
10. Hachi Spirit
Banyak pro n kontra JRocks dan Laruku...
tapi semuanya cuma cara masing - masing yg beda dalam mengapresiasi karya dari para artist...
buat HaChi sendiri JRocks juga merupakan salah satu inspirasi selain laruku... JRocks juga yang menjadi band pertama yang sukses tembus major indonesia dan ngebuat banyak masyarakat musik indonesia baik musisi, pendengar dan penikmat yang awam tahu ada musik dan perform J-style
================
Semoga postingan ini bisa membuka mata kita semua.
Mungkin kita tak sadar tlh melakukan plagiat.. hanya saja porsinya kecil, dan tak ada kaitannya dg badan hukum atau undang-undang..
Sengaja atau tak sengaja, itu semua kembali lagi pada diri masing2 (apa maksud dan tujuannya).
Marilah kita berkreasi dan mengekspresikan diri sebebas-bebasnya, namun tetap pd koridor yg ada..
Mungkin kita terkecoh antara PLAGIAT dg TERPENGARUH/TERINSPIRASI.
Jika semua hal dianggap plagiat, maka mungkin musisi Indonesia akan mrsa terkekang dlm membuat lagu.
Stidaknya, kita jg hrs menghargai dan memberi ruang pd musisi Indonesia supaya mrk bs terus berkarya.
Smg, kdepannya musik Indonesia bs jauh lbh maju n berpotensi.
 
Berbagai sumber.
Salam JLun