JapanLunatic - Samurai VS Ninja
日曜日, 04-12-2016, 5:09:36 PM
Welcome, Guest
1. SAMURAI
----------------
Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Samurai harus sopan dan terpelajar, dan semasa Keshogunan Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka.
Samurai memiliki filosofi hidup Bushi yang memiliki arti "orang bersenjata".
Samurai menggunakan beberapa macam jenis senjata, tetapi katana adalah senjata yang identik dengan keberadaan mereka. Senjata samurai yang lain adalah yumi atau busur komposit dan dipakai selama beberapa abad sampai masa masuknya senapan pada abad ke-16.
Pedang bagi seorang samurai adalah jiwa dan hidup, jika seorang kehilangan pedang dalam pertarungan maka dia juga akan kehilangan jiwa dan hidupnya.
Walau seorang samurai selamat dalam suatu pertempuran, jika samurai tersebut kehilangan pedangnya maka hukum bushido (tatacara kesatria) berlaku padanya. Sikap Bushido merupakan sikap berani mati demi negara/kerajaan dan kaisar. Jika seorang samurai atau shogun gagal melakukan tugasnya, maka ia akan melakukan seppuku (harakiri).
Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.

Jika mendalami lebih jauh tentang prinsip-prinsip samurai, maka kita akan menemukan bahwa dibalik ketangkasan seorang samurai dalam memainkan pedang dan strategi bertempur, sesungguhnya mereka diarahkan untuk hidup dalam ketenangan jiwa dan keyakinanan hati. Prinsip ini betul-betul ditanamkan ke dalam pikiran dan hati seorang samurai, sehingga mereka senantiasa menghidupkan hati sebagai sumber cahaya dan keyakinan diri.
Hal yang paling mendasar dalam prinsip samurai adalah ajaran untuk senantiasa hidup dengan kejujuran terhadap diri sendiri; jika tidak, mereka dianggap belum benar-benar menjalani hidup secara utuh.
Ajaran tersebut meski tampak sederhana namun sesungguhnya sangat bermakna dan membawa kedamaian dalam hati setiap samurai. Jika telah jujur pada diri sendiri, maka secara spontan mereka pun akan jujur pada siapapun.
================
2. NINJA
-------------
Ninja atau Shinobi dalam bahasa Jepang, secara harfiah berarti "Seseorang yang bergerak secara rahasia", merupkan seorang pembunuh yang terlatih dalam seni ninjutsu (secara kasarnya "seni pergerakan sunyi") Jepang. Ninja, seperti samurai, mematuhi peraturan khas mereka sendiri, yang disebut ninpo. Menurut sebagian pengamat ninjutsu, keahlian seorang ninja bukanlah pembunuhan tetapi penyusupan.

Gerakan beladiri ninjutsu hanya tendangan, lemparan, patahan, dan serangan. Kemudian dilengkapi dengan teknik pertahanan diri seperti bantingan, berputar dan teknik bantu seperti meloloskan diri, mengendap, dan teknik khusus lainnya. Namun, dalam prakteknya ninja menghindari kontak langsung dengan lawannya, oleh karena itu berbagai alat lempar, lontar, tembak, dan penyamaran lebih sering digunakan.

Ninja memakai baju yang menutup tubuh mereka kecuali telapak tangan dan seputar mata.
Ninja memiliki senjata dalam berbagai jenis, bentuk, dan ukuran seperti pedang, pisau kecil,cakram berbentuk bintang, sabit berantai, jangkar bertali dsb.

Filosofi ninja adalah meraih hasil maksimal dengan tenaga minimum. Muslihat dan taktik lebih sering dilakukan daripada konfrontasi langsung.
Ninja tidak memiliki status mulia seperti samurai, sehingga ninja bebas melakukan apapun untuk mengatasi masalah tanpa terikat oleh nama baik keluarga dan kehormatan.
=================
Nah itulah profil tentang keduanya..
Yuk sekarang kita coba tengok komentar para Jlun Buddy mengenai hal ini:

1. Sach Rizal Aego
Tentu saja ane pilih ninja. Pertarungan ala ninja lebih ok, lebih seru, bisa dilakukan walaupun jarak jauh, senjatanya banyak, shuriken, toya, dll. Trus bisa kabur kalo dlm keadaan terdesak, pake bola asap gtu deeh.
Kalo Samurai, ga bisa bertarung jarak jauh, udah gitu senjatanya cuma pedang samurai doank, trus kalo dlm keadaan terdesak, ga tau cara kaburnya gimana.
Tapi kalo soal anime yg berhubungan dg keduanya, kayaknya Naruto ama Samurai X
Sama2 ane suka..

2. Kyuunai Amakusa
Saya pilih ninja karena lebih variatif dalam perlengkapan serta teknik bertarung yang menarik.

3. Ruslan Lee Ouichiro
Saya pilih samurai karena dari segi teknik lumayan kuat dengan kuda kuda yg menurut saya bagus trus juga perlengkapan seorang samurai paling cuma pedang katana. Kalo ninja kan ribet segala pake kunai, shuriken, smoke bomb.Trus kalo animenya pasti donk Rurouni Kenshin.

4. Yukio Shiya Rumbajan
Aku pilih ninja, karena ninja memiliki nilai seni yang tinggi dari semua aspek , mereka mengandalkan kemampuan menyusup mereka untuk mengelabui musuh, dan membunuh target tanpa terdeteksi . Berbeda dengan samurai yang bertarung secara berhadapan dan mengandalkan otot. Samurai menganggap ninja adalah pengecut . Meskipun begitu Samurai adalah Petarung dengan Kesetiaan dan harga diri yang tinggi .

5. Saanur Strawhat
Lebih milih NINJA, alesanya… ninja lebih keren, kalo samurai cuma bisa ilmu pedang aja, tp ninja bisa ilmu ninja n banyak yg bawa pedang (artinya bisa ilmu pedang jg).
Kalo dari manganya, Samurai X keren sih, tapi lebih suka Naruto...

6. Edy Prabowo
Lebih milih ninja karena ilmunya banyak n keren2. Kostumnya juga bagus2..
Ky anime naruto..
Tp klo samurai..
Penampilan'a sangar2 n kren jg..
N beladiri'a asli g goib ky ninja..hehehe
tp w ttp plih ninja..

7. Shuichiro Eiri 主一郎 永利
Klo saya lebih cenderung memilih samurai, walau di lihat dari jurus2 yg ada di anime ato cerita2 tradisional jepang ninja sangat banyak mempunyai jurus2 yg keren, mulai dari jurus menghilang sampai jurus berjalan di air, tp secara teknik yg lebih terlihat keren sich samurai lebih real, soalnya jurus2nya kaya jurus2 samurai yg ada di samurai x, klo ninja banyak jurus2 yg sulit di pahami... ya jd saya lebih memilih samurai... 1 vote for samurai.. Banzai!!

8. Ridho D. Syah
Wah pilihan yang sulit neh. Untuk saya pribadi keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing..
kalo untuk:
*Teknik beladiri, saya lebih memilih samurai, lagi pula semangat bertarung dan harga diri samurai lebih baik dari pada ninja. Samurai bertarung untuk harga diri dan tugas, tapi ninja bertarung untuk menang jadi ninja akan berbuat apapun walau pun itu curang.
*Senjata, saya lebih memilih ninja. Ninja memiliki variasi senjata yang lebih baik, tidak seperti samurai yang hanya menggunakan Katana.
*Anime/manga: wah, dua-duanya punya anime/manga yang bagus. Samurai ada Samurai x, Haukouki Shinsengumi, dll. Ninja: yang pasti Naruto.
Jadi menurut saya DRAW… hehe.
Oiya sekedar info, ninja dibentuk untuk melakukan tugas-tugas kotor, seperti pembunuhan gelap atau pun memata-matai musuh (tugas yang tidak akan mau dilakukan oleh seorang samurai).. CMIIW... 

Sumber:
http://id.wikipedia.org/
http://bansai-dojo.com/
http://cepsmanshur.blogspot.com/
http://www.facebook.com/group.php?gid=159360579282