JapanLunatic - Ahmad
日曜日, 04-12-2016, 5:11:00 PM
Welcome, Guest
PENGHIDUPAN (PENGalaman HIDUP di JepANg)
==============================
Nama: Ahmad, danie_pung@yahoo.com
Tempat tinggal (di Indonesia): Bekasi Timur
Tempat tinggal (di Jepang): Saitama Ken
Berada di Jepang sejak Januari 2010 dan rencananya sampai tahun 2013
Alasan pergi ke Jepang: Peserta magang
Hal-hal unik/menyenangkan selama berada di Jepang:
Hmm.. Apa yach….. Kalau pas jalan2 liat cewek2 Jepang yang cantik2…
Kalau jalan ke Akihabara liat2 barang2 elektronik.
Selain itu, saat berkumpul sama teman2 seperjuangan di Jepang, serasa suasana di Indonesia, misalnya Ikut pengajian bulanan atau tabligh akbar yang diselenggarakan oleh IPTIJ, lomba memetik buah strawberry, nonton bola bareng.. Pokoknya seru deh….
Hal-hal yang tidak menyenangkan selama berada di Jepang:
Mungkin lebih ke masalah makanan (karena saya Muslim).
Pernah juga ada insiden yang nggak menyenangkan... pada waktu pulang belajar mingguan, terus aku baru pertama naik bus sendirian tanpa senpai-ku. Kejadianya malam skitar pkul 21.30.. Saat itu turun hujan, pas musim dingin pula.. brrrr.. dinginnya…. Waktu itu, aku lupa ngambil karcis bus.. inget2 pas udah duduk. Karena bingung (pertama kali naik bis sendirian), aku tanya ke salah seorang cewek SMA, Eh... bukannya bantuin, dia malah ketakutan gitu kayak liat perampok.. Aku dah ngedumel dalam hati "sial ini cewek, emangnya gw perampok apa!”.. Untung saja ada seorang bapak berdasi yang mau bantu jelasin ke sopir busnya. Benar2 hal yang nggak akan terlupa (soalnya malu diliatin orang) :D
Pengalaman paling berkesan selama berada di Jepang:
Pertama menginjakkan kaki di Jepang, yg ada dalam pikiran ku adalah "Bisa nggak ya Indonesia kayak Jepang... Kapan? Mungkin butuh 50 tahun... 100 tahun... Ah, kayaknya gak mungkin!”... Sedikit menghayal kali ya… Sebenarnya sih kita bisa kalo mempunyai kesadaran pada diri kita masing2. Dari yg kecil aja deh kayak buang sampah or disiplin dalam berkndara.. Uh, jauh banget kita tertinggal. Sampai sekarang saja, selama di Jepang, aku belum pernah denger namanya klakson mobil atau motor di jalan. Sunguh luar biasa (atau memang nggak ada klaksonnya yah.. bingung..) ^_^
Info yang perlu diketahui bagi yang belum/ingin ke Jepang:
Jepang sebentar lagi mendekati musim panas yang katanya musim panas disini beda sama di Indonesia (lebih panas). Jadi, buat kalian yg mau datang pada musim panas, siap2 aja dech...
Oh ya, ada juga info soal kebiasaan orang Jepang yang suka bercanda dengan cara memegang kepala (sedikit memukul). Hal itu biasa, jadi jangan menganggap tabu (walaupun di Indonesia itu adalah hal yang dianggap tidak sopan). Selain itu, jangan sekali-kali mengingkari janji, karena orang Jepang bakalan susah banget untuk percaya lagi…
Info terbaru saat ini di Jepang:
Aku sebenarnya gak terlalu tau info terbaru, soalnya gak pernah baca koran Jepang (nggak ngerti! kanji semua tulisannya). Yang jelas, di sini jarang ada demonstrasi.
Catatan lain:
Hidup di Jepang bagiku ibarat hidup diantara surga dan neraka (padahal sih belum tau surga neraka kayak apa, hehe)… Intinya sih, kenikmatan dunia semua ada disini, tapi kemaksiatan dunianya pun lebih lengkap… Jadi, sebelum datang ke sini, siapkanlah iman terlebih dulu!
Oh ya, sekarang polisi lagi gencar-gencarnya melakukan razia terhadap orang asing, jadi jangan merasa kaget kalau sewaktu-waktu ditanya-tanyain, karena sekarang banyak sekali orang illegal yg mengadu nasib di Jepang. Pokoknyakalau di Jepang GANBATTE aja deh dan selalu ingat ma ALLAH SWT.
Terus kalau di sini jangan kenal namanya PACHINKO! Dame!
Buat teman2 yg cinta jejepangan:
Walaupun kita suka tentang hal yg berbau Jepang, jangan lupa kita juga harus mencintai karya anak bangsa sendiri... INDONESIA I LOVE YOU...
Maaf nih kalau bahasa penulisannya kacau.. Maklum aku bukan penulis… hehe… Wassalam.

Salam JLun